Friday, July 27, 2012

SEJARAH SISTEM OPERASI

sejarah OS

Pada awal kemunculannya OS terlihat sederhana. Namun sekarang, OS sudah serba bisa. Beragam tugas dan fungsi mampu dikerjakan dengan cepat dan paralel.

Awalnya, sebuah sistem operasi dioperasikan atau dikendalikan oleh manusia berperan sebagai operator, dan terus mengalami perkembangan sampai pada tahun 60-an OS pertama dikembangkan oleh IBM dengan nama OS/360 yang juga merupakan OS pertama yang menggunakan Hard disk. Dan tidak lama kemudian lahirnya beragam OS-OS yang telah kita kenal seperti Windows, Linux, MAC OS X atau Solaris dengan prototipe bernama UNIX.


UNIX: bahasa C yang dikembangkan untuk OS ini.
Setiap OS membutuhkan sebuah bahasa komputer. Demikian juga dengan Windows yang banyak digunakan saat ini. MS- DOS yang kita kenal sejak tahun 80-an cukup berhasil pada saat itu, namun itu hanya untuk interface dengan beragam fungsi yang ada melalui kernel DOS dan bukanlah sebuah OS.

OS sebenarnya dari Microsoft adalah Windows NT yang muncul pada th.1993, disusul oleh Windows 95, 98, ME, XP dan Vista, serta yang akan segera dirilis pada akhir 2009 ini Windows 7.
Microsoft terus mengembangkan beragam OS mereka agar tidak ketinggalan dari pesaing mereka. Contohnya adalah dengan mengembangkan OS baru yang akan terbebas dari blue screen. Namun realisasi ide ini masih akan memakan waktu yang lama, kita hanya akan berharap pada windows baru yang digadang-gadang sebagai revisi dari vista yang akan muncul akhir tahun ini yaitu Windows 7.

Sejarah Perjalanan OS:

1956: GM-NAA I/O, Merupakan OS yang digunakan pertama kali oleh General Motors pada komputer besar IBM 704.

1969: UNIX, OS modern pertama ini diperkenalkan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie untuk platform game "Space Travel" mereka.

1973: Xerox Alto, Sistem pertama dengan graphical interface, digunakan hanya sampai tahun 1981.

1981: MS-DOS, OS sederhana yang ditawarkan pada PC dan mengantarkan Microsoft menuju keberhasilan.

1983: LISA OS, Apple mengeluarkan desktop pertamanya dilengkapi dengan kontrol mouse untuk PC yang akhirnya ditiru oleh Microsoft.

1985: Windows 1.0, Dirancang sebagai interface untuk DOS, dikembangkan selama 2 tahun namun tidak berhasil di pasaran.

1989: EPOC16, Nenek moyang OS Symbian ini merupakan OS multitasking pertama dengan graphical interface untuk perangkat mobile.

1992: Linux, OS dengan kernel UNIX ini ditawarkan oleh Linus Torvalds sebagai Open Source.

1995: Windows 95, System 32 Bit Microsoft untuk Home User yang cukup berhasil.Dalam 4 hari terjual satu juta license.

2001: - Mac OS X, Apple melakukan perubahan sistem, dan memperkenalkan OS berbasis UNIX.
- Windows XP, Gabungan Windows NT dan 95 ini sampai sekarang menjadi Windows terpopuler.

2007: Singularity, Microsoft Research mengembangkan sebuah OS baru tanpa adanya blue screen dan buffer overflows.

2010: Windows 7, Sistem modern harus serba bisa. Penerus Vista ini cukup nyaman digunakan tanpa spesifikasi hardware yang tinggi layaknya Vista dan dioperasikan melalui touchscreen.

No comments:

Post a Comment