Friday, December 7, 2012

MODUL 4 KKPI: MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA ( M.S WORD )

  Pada postingan MODUL 4 KKPI:  MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK  PENGOLAH KATA ( M.S WORD ) saya akan membuat Mail merge pada Ms Word.
Mail merge atau surat masal adalah salah satu fasilitas di Ms Word untuk mempermudah user melakukan pekerjaan dengan hanya membuat satu format surat namun dengan berbagai tujuan alamat dan nama yang berbeda. Tentu hal ini akan sangat mempermudah sekali pekerjaan kita. Kita tidak perlu lagi mengetik satu persatu tujuan dan nama alamat yang dituju, cukup hanya dengan mengetik daftar nama serta alamat yang dikehendaki maka nama, alamat yang dibuat akan langsung bergabung atau merger dengan format surat tadi.
Tidak hanya format surat saja kegunaan mail merge ini, Jika kita mengetik dengan format yang sama atau blanko formulir yang sama namun dengan isian yang berbeda, maka mail merge lah solusinya. Cukup buat format blangko atau formulir yang dikehendaki dan membuat daftar isian formulir, maka sudah cukup. Hasilnya, setiap isian dari formulir tersebut akan silih berganti sesuai dengan daftar yang telah dibuat.
Untuk membuat mail merge berikut ini adalah langkah-langkahnya :
1.pertama saya menyimpan atau membuat daftar nama untuk mail merge di MS Excel.
2.  Kemudian kita buat sebuah file undangan di MS Word dan buat mail merge pada nama dan alamat agar mempermudah kita dalam memasukkan daftar nama yang akan kita gunakan. pertama pilih Maillings > Select Recipients> Use Existing File.

 3. Setelah itu buka file Ms Excel yang berisi daftar nama dan alamat yang kita buat.


4.Lalu akan muncul menu seperti gambar di bawak dan pilih OK.
 
5. Selanjut nya pilih icon Insert Merge Field dan klik Nama.
 6. dan jika ingin melihat hasil mail merge klik icon 



7. dan jika ingin mengganti isi nama dan alamat anda bisa menggunakan menu seperti gambar di bawah ini.
Sekian trimakasih tentang postingan MODUL 4 KKPI:  MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK  PENGOLAH KATA ( M.S WORD ).

No comments:

Post a Comment