Pada postingan MODUL 4 KKPI: MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA ( M.S WORD ) saya akan membuat Mail merge pada Ms Word.
Mail merge atau surat masal adalah salah satu fasilitas di Ms
Word untuk mempermudah user melakukan pekerjaan dengan hanya membuat
satu format surat namun dengan berbagai tujuan alamat dan nama yang
berbeda. Tentu hal ini akan sangat mempermudah sekali pekerjaan kita.
Kita tidak perlu lagi mengetik satu persatu tujuan dan nama alamat yang
dituju, cukup hanya dengan mengetik daftar nama serta alamat yang
dikehendaki maka nama, alamat yang dibuat akan langsung bergabung atau
merger dengan format surat tadi.
Tidak hanya format surat saja kegunaan mail merge ini, Jika kita
mengetik dengan format yang sama atau blanko formulir yang sama namun
dengan isian yang berbeda, maka mail merge lah solusinya. Cukup buat
format blangko atau formulir yang dikehendaki dan membuat daftar isian
formulir, maka sudah cukup. Hasilnya, setiap isian dari formulir
tersebut akan silih berganti sesuai dengan daftar yang telah dibuat.
Untuk membuat mail merge berikut ini adalah langkah-langkahnya :
1.pertama saya menyimpan atau membuat daftar nama untuk mail merge di MS Excel.
2. Kemudian kita buat sebuah file undangan di MS Word dan buat mail merge pada nama dan alamat agar mempermudah kita dalam memasukkan daftar nama yang akan kita gunakan. pertama pilih Maillings > Select Recipients> Use Existing File.
3. Setelah itu buka file Ms Excel yang berisi daftar nama dan alamat yang kita buat.
4.Lalu akan muncul menu seperti gambar di bawak dan pilih OK.
5. Selanjut nya pilih icon Insert Merge Field dan klik Nama.
6. dan jika ingin melihat hasil mail merge klik icon
7. dan jika ingin mengganti isi nama dan alamat anda bisa menggunakan menu seperti gambar di bawah ini.
Sekian trimakasih tentang postingan MODUL 4 KKPI: MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA ( M.S WORD ).
No comments:
Post a Comment